Tips Belajar Super Cetaaaar...


Assalamu'alaykum, semua...

Wah, sudah memasuki Desember yang super! Semester baru akan menjelang, musim ujian tengah menghadang. Yuk kita intip tips belajar berikut ini, semoga dapat membantu mempersiapkan ujian semester :)
  • Fokus
    Ujian akhir semester telah menghadang? Ini berarti kita harus memfokuskan hati dan pikiran kita untuk mempersiapkannya. Mengesampingkan hal-hal yang mengganggu konsentrasi kita selama belajar mutlak dilakukan. Mulailah memfokuskan diri dengan sibuk mempersiapkan ujian menggunakan DUIT (Doa, Usaha, Ibadah, Tawakal)... n_n
  • Buat Catatan Kecil
    Untuk pelajaran yang sifatnya banyak hafalan (ex: biologi), membuat catatan kecil penting untuk dilakukan. Catatan kecil dibuat untuk memudahkan kita menghafal sekaligus memudahkan mengingat kembali hafalan. Catatan kecil bisa dibuat sesuai selera, tergantung kreatifitas diri masing-masing. Biasanya catatan kecil ini dibuat di kertas yang berukuran lebih kecil dari buku catatan biasa (pokoknya harus mudah dibawa kemana-mana), dengan membuat deskripsi materi pelajaran yang lebih ringkas, memuat inti materi pelajaran, terkadang juga dibuat dengan mengkonsep pokok pembahasan dengan bagan, peta konsep, atau juga mind map.
  • Banyak Latihan
    Banyak mengerjakan latihan jelas memberi dampak kecakapan kita dalam mengerjakan soal-soal yang menyangkut materi pelajaran. Cakap dalam menghadapi soal-soal latihan bisa menunjukkan seberapa siap kita menghadapi soal ujian yang sesungguhnya. Siapa tahu, soal-soal latihan yang kita kerjakan juga muncul di soal ujian... :)
  • Belajar untuk Memahami, Bukan Sekedar Mengingat
    Nah, ini yang perlu kita garisbawahi. Belajar itu bukan sekedar mengahafal materi pelajaran, tetapi memahaminya. Memahami bukan  sekedar menghafal. Biasanya mengingat sesuatu hanya akan singgah di otak dalam jangka pendek. Berbeda dengan memahami sesuatu, yang akan lebih diingat otak dalam jangka panjang. So, cobalah untuk memahaminya secara kontekstual (dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari) daripada sekedar menghafalnya.
  • Libatkan Otak, Otot, dan Hati
    Belajar salah satunya memang mengandalkan otak, tetapi raga juga harus prima. Olahraga secara teratur berperan dalam hidup sehat, karena kesehatan juga harus tetap dijaga agar tak jatuh sakit selama ujian. Kuatkan hati dan luruskan niat, agar semangat belajar terus cetar membahana... ^_~
***


Cerita dibalik menghilangnya Si Pejuang Mimpi:
Sekitar 4 bulan menjalani Praktek Lapangan di sebuah SMA, cukup menguras tenaga dan pikiran. Beban mengajar 25 jam seminggu (hiks-hiks), ditambah perjalanan ke sekolah yang jauh dari kampus, menghadapi sebanyak 5 kelas dengan siswa-siswa yang memiliki karakter berbeda di setiap kelas, tuntutan kuliah dan proposal penelitian, menghadapi semuanya ternyata mampu membuat banyak hal terlewatkan. Menghilang dari blog, facebook, twitter, kampus, organisasi, dunia tulis-menulis barang dua-tiga bulan saja ternyata bisa juga membuat heboh warga sekampung (Hhe...). Namun, semua ini adalah bagian dari pengalaman, menjadi moment-moment pembelajaran hidup yang tak akan terlupakan. Meski banyak kata tanya dari audiens yang muncul, hanya sebaris kata yang ingin ditegaskan:

"SAYA BUKAN BERSEMBUNYI, 
HANYA SEDIKIT MENEPI DI SUDUT SUNYI MENJALANKAN STRATEGI UNTUK MERAIH MIMPI!"
^__^

Share on Google Plus

About Nayla Dyayu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Selamat pagi, selamat mengikuti ujian.. Semoga lancar dan sukses

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.