Awali dengan Bahagia




Sobat, ketika membaca buku dongeng, kita seringkali mendapati akhir kisah yang menyebutkan "...dan akhirnya mereka hidup bahagia selamanya". Di lain waktu, ketika membaca cerpen ataupun novel, kita sering berharap akhir dari cerita itu adalah akhir yang bahagia (happy ending). Dalam hidup pun, dalam mencapai tujuan kita, selalu kita berharap akhir dari segala usaha kita adalah kebahagiaan, akhir dari segala kecamuk hidup ini adalah kebahagiaan, dan berharap setiap hari berakhir dengan bahagia. Pertanyaannya, kenapa harus akhir yang bahagia??

Pertanyaan ini mungkin terlihat bodoh. Tak ada yang perlu mempertanyakan tentang akhir yang bahagia. Semua orang ingin bahagia pada akhirnya. Tak ada yang ingin akhir yang menyedihkan. Tak ada. Namun begitu, kenapa semua orang ingin bahagia pada akhirnya, apakah mereka dalam menjalankan usahanya tidak bahagia, apakah ketika ia belum sampai di ujung ia tidak bahagia, apakah ketika hari ini belum berakhir ia tidak bahagia jika ia hanya berharap hari ini berakhir dengan bahagia..??

Akhir yang bahagia, sebuah tujuan yang terasa semakin kelu. Kenapa? Kenapa di akhir? Kenapa bukan setiap saat kita merasa bahagia?

Ya, bukan hanya sekedar akhir yang bahagia. Dalam menjalani usaha untuk mencapai tujuan hidup kita, haruslah dimulai dengan awal yang bahagia. Berbahagia dalam menghadapi berbagai aktivitas, dalam berbagai kegiatan yang mungkin berat ataupun tidak, semua harus kita lalui dengan bahagia. Ketika pagi datang menjelang, dan meatahari mulai menampakkan secercah sinar penuh harapan, maka saat itu kita selayaknya memulai hari dengan bahagia.

Sulitkah mengawalinya dengan bahagia? Tidak, tidak sulit. Asal mau mencoba saja. Rasakanlah alam menyerukan banyak harapan ketika pagi datang menjelang. Desau angin pagi berteriak bahwa hari belum petang, dan ini adalah awal untuk berjuang untuk menggapai segala asa. Langit pagi yang merona menebarkan pesona yang menyejukkan. Dan matahari mulai muncul, memberi senyuman yang harusnya disambut setiap insan dengan bahagia.


Berbahagialah... Awali semuanya dengan bahagia, hingga setiap perjuangan kau lalui dengan bahagia. Tak peduli akhirnya bahagia atau tidak, yang penting kau bahagia setiap saat karena telah berbahagia dari awal.

Ketika mengawali hari, ucapkanlah Bismillah. Dengan begitu jiwamu akan sejuk. Memulai dengan Asma-Nya, dan keyakinanmu tentang keagungan Sang Penguasa akan mengantarkanmu pada awal yang bahagia.


“Setiap urusan (perbuatan) yang tidak diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim, maka cacat (terputus dari rahmat Allah).” (H.R. Ahmad)

**^_^**

Share on Google Plus

About Nayla Dyayu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

  1. Iya betul itu, entah endingnya bahagia atau tidak yg penting kita berusaha..

    Bismillahirrohmanirrohim

    thanks ukhti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, tetap berjuang dalam hidup yang bahagia.. :)

      Hapus
  2. akhir yg bhagia adl masuk surga =)

    www.indogeria.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul betul betul.. ^_^

      Hapus
    2. Setuju,,,, dunia adalah tempat ujian, ketika kita menangis di dunia jika kita ikhlas maka insha Allah itu tambahan kebaikan untuk kita, jgn pernah menyerah jika keburukan terasa seperti mengiringi kehidupan dunia, maka yakinlah akan ada kebaikan abadi yg akan kita rasakan mengalahkan kesedihan semu dunia. :)

      Hapus
    3. Benar.. Syukron kak..^^

      Hapus
  3. Semangat
    Ayo berbahagia ^_^

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.