Cara Cerdas Memberantas Malas


Kamu suka menunda-nunda pekerjaan? Suka bermalas-malasan dan enggan melakukan aktivitas? Wah, itu tandanya sedang mengidap suatu penyakit yang membahayakan. Yup, penyakit malas. Bahayanya, pekerjaan akan tertunda, tugas-tugas menumpuk, jarang memberikan hasil yang memuaskan dari kegiatan yang dilakukan, hati resah dan gelisah (yah gimana lagi, udah hampir deadline tapi tugas belum selesai...), dan pastinya akan menunda kesuksesan.

Sahabat, hal seperti ini tidak bisa dibiarkan. Jika malas menyelubungi pikiran, hati, dan tindakan kita, maka lama-kelamaan malas akan menjadi kebiasaan. Suatu kebiasaan merupakan suatu perbuatan yang akan terjadi dan terlakukan dengan berulang-ulang. Karena malas bukan perihal yang baik, mari kita stop malas sekarang juga, dengan cara:


Tetapkan Tujuan
Malas dalam melakukan sesuatu kegiatan bisa terjadi karena kita tidak memahami tujuan kita melakukan kegiatan itu. Ini bisa merupakan tujuan jangka pendek atau tujuan jangka panjang. Memiliki tujuan akan membantu kita untuk mendapatkan motivasi, karena kita mulai bekerja menuju tujuan yang  benar-benar ingin di capai. Dengan memiliki tujuan yang jelas untuk di capai, motivasi akan timbul dalam diri kita sehingga kita terdorong untuk mulai melakukan kegiatan tersebut tanpa diganggu oleh si "malas". Jadi, mari tetapkan tujuan yang jelas dan mengkonsep setiap kegiatan agar pemikiran-pemikiran kita memicu dorongan yang kuat dari dalam diri sehingga kita tidak malas memulai kegiatan tersebut.
 
Hargai Diri Sendiri
Hal yang harus kita tahu yaitu mencoba termotivasi dari efek positif penghargaan diri. Dengan menghargai diri sendiri untuk setiap tujuan yang telah tercapai dari kegiatan yang kita lakukan, maka diri ini akan lebih giat beraktivitas. Ketika merasai bahwa menyelesaikan sesuatu itu lebih menyenangkan daripada membiarkannya terbengkalai, maka kemalasan akan lenyap dari diri kita. Ini berkat penghargaan yang kita berikan pada diri kita sendiri. Kita harus selalu merasa luar biasa sehingga kita akan terpacu untuk melakukan kegiatan yang lebih besar lagi. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan dalam menghargai diri, karena manusia memang tak sempurna.


Hilangkan Perasaan-Perasaan Negatif
Ingat, emosi-emosi negatif seperti kemarahan, kecemasan dan kekecewaan dapat menurunkan motivasi diri. Diri yang tidak termotivasi dan tak punya tujuan jelas akan membuang-buang waktu untuk sesuatu yang tak penting. Secara drastis, kita akan terfokus pada perasaan-perasaan negatif ini yang jelas membuat waktu kita tidak efisien. Lambat laun kemalasan untuk melakukan aktivitas akan menyelubungi diri. Ini berarti kita harus membiasakan diri dengan perasaan-perasaan positif yang dapat mengontrol sikap da kinerja kita.



Tumbuhkan Minat
Salah satu hal yang efektif dilakukan agar termotivasi meninggalkan malas adalah dengan menumbuhkan minat terhadap aktivitas yang akan kita lakukan. Minat dapat memacu diri untuk tidak malas sehingga diri dapat memulai aktivitas tersebut dengan perasaan suka ria.


Mengalahkan Penundaan dan Gangguan
Penundaan dan setiap jenis gangguan dapat memiliki pengaruh negatif pada diri kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membuat  ruang yang jelas tentang pola kegiatan. Hindarilah segala jenis gangguan yang menimbulkan penundaan seperti hal-hal yang membuat kita tertarik, contohnya tayangan televisi, online untuk hal-hal yang kurang penting, sms an huru-hara, dan lainnya yang hanya membuat pekerjaan atau aktivitas kita tertunda.
 
Nah, itulah beberapa teknik memberantas malas yang sebaiknya mulai kita terapkan. Kemalasan yang belarut-larut akan menimbulkan efek samping yang begitu luar biasa terhadap hidup kita, so, stop malas sekarang juga...!! ^-^



***






Share on Google Plus

About Nayla Dyayu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. pictx lucu mb...materix bgus.. ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims na.. tulisan d blog na jg keren2.. d^_^b

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.