Lawan Stres dengan Fresh


Perjalanan hidup yang makin rumit, memang membuat kepala jadi pusing tujuh keliling. Ketika stres mulai melanda, jalan pintas pun dijadikan solusi yang terbaik. Tidak sedikit umat manusia yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Orang-orang ini tentu tidak menyadari bahwa hidup ibarat perputaran sebuah roda. Terkadang kita di atas dan terkadang kita di bawah.
            Semua orang tidak akan terlepas dari masalah hidup. Stres yang berkepanjangan akan menimbulkan dampak buruk terhadap diri. Lalu ketika stres mulai menyerang, apa ya senjata jitu untuk menangkisnya? Tenang, ada banyak cara untuk melawan stres. Salah satunya adalah dengan melawan stres dengan fresh. Apa itu fresh?? FRESH itu….

  1. Fikir Fana, Fikir Fitrah
Yup, ketika gejala stres mulai menghampiri, langkah pertama yang mesti dilakukan adalah berfikir. Lho, menambah pikiran bukannya jadi tambah stres??
Mungkin benar, tapi berpikir disini yaitu berpikir kalau ternyata dunia ini fana dan hanya bersifat sementara. Tujuan kita di atas bumi ini adalah untuk beribadah dan mengharapkan ridho-Nya. Mungkin saja stres yang kita alami adalah teguran Allah SWT atas kekhilafan kita dalam hidup. Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Allah menegur hamba-Nya dengan berbagai macam persoalan hidup untuk membuat sang hamba kembali pada-Nya, mulai menengadahkan tangan dan berdo’a kepada-Nya. Bisa juga beragam masalah yang datang adalah ujian keimanan dan kesabaran. Yang demikian itu adalah fitrah manusia. Ibarat sebuah pohon, makin tinggi pohon tersebut, maka makin kencang pula angin yang menggoncangnya. Demikian juga dengan manusia, makin kuat keimanan seseorang, maka makin besar pula lah ujian yang menimpanya. So, tiada guna bersedih hati dan berlarut-larut dalam pikiran kusut. Segera temukan solusi yang tepat untuk mengatasi persoalan hidupmu!

  1. Ridho & Rasional
Menemukan solusi tepat untuk menyelesaikan masalah yang datang, tentu dengan berpikir rasional alias berpikir dengan pikiran sehat dan bijaksana. Bersikap rasional memang tidak mudah. Terkadang kita dengan pikiran kacau memutuskan suatu tindakan. Akibatnya, hasilnya tidak akan merubah lebih baik. Trus, bagaimana “rasional” bisa di dapat? Ini semua tidak terlepas dari sikap ridho terhadap apa yang diperoleh. Bila kita telah ridho dengan apa yang telah Allah pilihkan, maka lapang dada dan pikiran tenang akan bersemayam dalam diri. Toh, segala sesuatu kan Allah yang atur.

  1. Efektif & Energik
Stres bikin ibadah makin merosot? Tentu saja ini buruk sekali. Ketika seseorang berada dalam kondisi terburuk dalam hidupnya, maka pada saat itulah seharusnya ia makin dekat dengan Sang Pencipta. Makanya, ketika diri mulai merasa dihimpit beban berat, tetaplah beribadah dan berdo’a kepada Allah. Dengan mengefektifkan beribadah akan membuat diri lebih damai, sehingga tetap energik menjalankan aktivitas. So, ketika stres datang, efektif dalam beribadah dan tetap energik melewati hari adalah hal yang tepat.

  1. Syukur
Kebanyakan manusia nih, jarang sekali bersyukur. Merasa selalu tidak puas dengan apa yang di dapat juga salah satu tabiat umat yang menjadi pemicu jauhnya manusia dari rasa syukur. Stres juga datang karena ketiadaan rasa syukur. Untuk itu, tanamkan rasa menerima ketetapan yang Allah beri dengan perbanyak bersyukur. Pandang segala peristiwa atau musibah dengan positif. Ketika sudut pandang kita telah berubah dengan memandang permasalahan dari sisi yang berbeda, maka kita akan menemukan berbagai hikmah yang terkandung di dalamnya. Ingat, segala sesuatu ada hikmahnya. Saat kita telah menangkap hikmah-hikmah ini, maka rasa syukur takkan henti-hentinya terucap dari mulut ini. Sebab, Allah Maha Pemberi dan Maha Pemurah. Betapa banyaknya karunia yang telah Dia turunkan untuk kita. Bila rasa sukur selalu menghiasi diri, maka saat itulah kita akan menatap dunia dengan indah, jauh dari stres.

  1. Harap
Allah telah menerangkan dalam Al-Qur’an agar manusia berdo’a kepada Allah dengan penuh kesabaran dan penuh harap. Percayalah, Allah akan mengabulkan do’a hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dan tak kenal lelah beribadah dan memohon kepada-Nya. Memohonlah kepada Allah agar diberikan kemudahan dan ditunjukkan jalan menuju solusi dari permasalahan. Allah lah tempat kita kembali, tempat kita berserah diri. InsyaAllah, harapan-harapan kita akan dikabulkan oleh Allah. Bersabarlah, karena Allah pasti tau yang terbaik untuk kita.

Mulai detik ini, mari kita lawan stress dengan fresh. Dengan menerapkan langkah-langkah FRESH diatas, semoga kita benar-benar jadi fresh dan stress pun jauh dari diri. Oke, keep spirit, keep smile!
***

Share on Google Plus

About Nayla Dyayu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.