Agar Waktumu Tak Percuma


Pernah punya waktu luang yang panjang namun terasa membosankan dan sia-sia? Tentu pernah. Meski banyak yang bilang lagi sibuk, nggak punya waktu, atau jadwal lagi padat dan lain sebagainya, tapi tetap saja bakal ketemu sama waktu libur dari aktivitas. Kalau ada kesibukan, tentu juga ada nggak sibuknya. Biasanya nih, kalau ada waktu libur, kita cenderung mengisinya untuk malas-malasan, tidur-tiduran, dan serentetan kegiatan lainnya yang ujung-ujungnya bikin hari kita nggak asyik dan membosankan. Trus, gimana ya caranya agar hari-hari libur atau waktu-waktu luang kita tetap berwarna, asyik dan penuh hikmah? Lanjut deh…

*      Stop Malas!
Hari gini masih suka malas-malasan? Jangan sampai deh! Waktu luang itu merupakan waktu yang bagus buat menciptakan hal-hal baru dan waktunya menebarkan kebaikan. Yang biasanya jarang di rumah, manfaatin deh waktu kosongnya untuk berbakti sama orang tua, berbagi kasih sayang sama adik kakak atau melakukan hal-hal yang sudah lama nggak kita lakukan, Misalnya, membersihkan kamar atau silaturrahim ke rumah tetangga. Pokoknya, jangan sampai kekosongan waktu malah diisi dengan tidur sepanjang hari, atau nonton sepanjang waktu. Di zaman seperti ini. kita mesti sayang sama waktu. Nggak ada ceritanya buat malas-malasan. Yang ada kita harus tetap mengisi waktu kita dengan kegiatan positif yang nggak hanya berguna bagi kehidupan dunia, tapi juga untuk akhirat.

*      Bikin Program Menarik
Mensiasati hari-hari yang boring? Hmm, gampang! Saat kita tak tahu harus melakukan apa, kita bisa pergunakan waktu untuk merancang program-program menarik yang akan kita lakukan selama libur. Atau, bisa juga dengan membuat daftar hal-hal yang harus diselesaikan bulan ini. Atau mungkin, kita bikin target buat menyemangati kita dalam beribadah. Contohnya, kita bikin target kalau selesai libur kita harus sudah hafal surat Ar Rahman atau surat Yasin. Artinya, daripada kita bilang nggak ada kerjaan, lebih baik kita gunakan waktu untuk menghafal Al-Qur’an. Bagi para Hafidz/Hafidzah bisa mengulang-ulang hafalannya. Oya, jangan cuma bikin programnya, trus dipelototin atau dipandangin aja, tapi lakukan secepatnya. Yang sudah bikin jadwal mau membuat cerpen atau novel misalnya, ya dikerjain. Pokoknya rencana jangan tinggal rencana. Semuanya harus diwujudkan dalam bentuk pengerjaan. Kecuali kalau Allah berencana lain.

*      Buka Mata, Buka Telinga
Yups, mari buka mata, buka telinga! Mungkin selama larut dalam aktivitas keseharian, kita jadi tidak peka terhadap lingkungan sekitar, tentang kemerosotan kualitas moral anak bangsa, atau tentang permasalahan negara yang tak habis-habisnya. Jadi pribadi yang up to date tetap lah penting. Yang dimaksud bukannya nggak ketinggalan soal gosip hangat para selebritis, tapi kita mesti membuka mata untuk tahu tentang banyak hal disekitar kita. Hal ini dapat kita jadikan pelajaran, acuan dan perbaikan diri. 

*      Ibadah Sunnah Jangan Lupa
Hari libur, ibadahnya juga ikut libur? Aturan darimana tuh… Selain ibadah wajib tetap jalan, ibadah sunnah juga jangan sampai ketinggalan. Yang biasanya nggak sempat shalat Dhuha, bisa memulainya di waktu lagi nggak sibuk ini. Mana tahu jadi kebiasaan. Begitu juga dengan shalat Tahajud, Puasa Senin-Kamis atau Puasa Daud. Trus baca Al-Qur’an jangan lupa! Yang nggak ada kerjaan, bisa memanfaatkan waktunya buat baca Al-Qur’an tiap selesai shalat. Terjemahannya juga dibaca. Selain menambah tabungan pahala juga bakal menambah ilmu pengetahuan. Tuh, oke kan?

*      Jangan Sampai Merugi
Demi Masa. Sesungguhnya manusia dalam keadaadn rugi…
Waktu itu adalah uang. Waktu juga merupakan pedang yang sekali-kali dapat menusuk kita. Sadar akan waktu akan membuat kita tak akan menyia-nyiakannya begitu saja. Umur semakin bertambah, sisa hidup semakin berkurang, kematian semakin dekat. Kalau saat ini kita diatas, bisa saja esok kita di bawah. Intinya, orang-orang yang tidak waspada akan waktu, pada akhirnya akan jadi orang yang merugi, hidupnya sia-sia dan tidak meninggalkan sesuatu yang berarti. Makanya, lakukan apa yang bisa dilakukan hari ini. Selagi ada waktu luang, mulai evaluasi diri. Bertekadlah untuk selalu melakukan perubahan diri ke arah lebih baik. Mulai perbaharui niat. Ikhlaskan diri, segala kegiatan, aktivitas, dan ibadah, semuanya karena Allah, semat-mata mencari ridho Allah.

So, tak ada guna membuang-buang waktu. Hiasi setiap detik untuk menyebut asma-Nya! Sip khan?

Sumber: dari karya Nella Dwigusni Yayu dalam rubrik taktikoe eL-Ka Majalah Sabili th 2009

Share on Google Plus

About Nayla Dyayu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.